Monday, December 8, 2008

media massa 20 tahun mendatang, ada ga ya?

Apakah dalam 20 tahun mendatang media massa akan tetap survive ?
Jika kita melihat pada 20 tahun yang lalu, bisa kita bayangkan bagaimana keadaan dan kondisi seperti itu. Mulai belum adanya handphone sebagaimana alat komunikasi seperti sekarang. Pada waktu yang demikian, masyarakat masih banyak yang mengenal radio sebagai alat untuk mendapatkan informasi. Hanya sebagian kecil dari masyarakat yang mengenal adanya televisi dan televisipun pada waktu itu masih dalam keadaan layar yang hitam putih. Berbagai media massa semakin berkembang dari tahun ke tahun, misalnya adanya pager sebagai alat untuk berkomunikasi, kemudian televisi pun semakin terinovasi dengan berbagai fasilitas. Jika ada pertanyaan, apakah media massa dapat bertahan dalam 20 tahun mendatang?menurut hasil diskusi kelas(3/12), terdapat bermacam-macam pendapat dari berbagai kelompok. Namun, dari kesimpulan hasil diskusi dapat dinyatakan, bahwa dalam 20 tahun mendatang, media massa akan tetap (bertahan)survive. Bahkan, seperti pada sebelumnya, berbagai media akan berkembang dan tercipta inovasi baru dalam teknologi. Hal ini dikarenakan menilik pada media sebelumnya yang tetap bertahan.

Media dalam 20 tahun mendatang, mungkin akan lebih maju dan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi dan pemikiran manusia. Jika dilihat pada kondisi sekarang, teknologi yang berhubungan dengan internet sangat berkembang pesat di masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari adanya fenomena semakin sedikit dan rendahnya budaya membaca di kalangan masyarakat. Sebagian besar mahasiswapun lebih banyak memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka akan tugas daripada mengambil bahan tugas dari buku-buku yang telah disediakan di perpustakaan. Teknologi internet lebih global memberikan informasi seputar apa yang kita butuhkan. Internet dianggap lebih praktis dan memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya.Tetapi tidak menutup kemungkinan, mahasiswa masih menggunakan buku sebagai refensi mereka.

Sedangkan pada media cetak, mungkin diperkirakan masih bertahan tetapi dalam kondisi yang yang lebih baru. Misalnya, mungkin saja media cetak akan terinovasi dengan memiliki bentuk yang kecil. Karena jika kita sadari saat ini, tidak semua masyarakat mengerti akan kegunaan teknologi. Masyarakat tidak semudah itu menerima dan mengadopsi sesuatu yang baru. Meraka butuh waktu untuk mengerti dan memahami manfaat dari teknologi baru tersebut. Apakah memberikan banyak manfaat atau malah tidak.

Pada dasarnya, perkembangan teknologi tidak bisa kita pungkiri lagi. Karena dalam negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini, cenderung masih memerlukan banyak informasi sampai dengan teknologi yang canggih untuk memajukan negara ini. Karena bagi negara yang berkembang tidak pernah bisa lepas dari adanya kebutuhan akan informasi. Apalagi melihat kondisi yang akan menuju globalisasi ini, maka timbulnya persaingan bebas tak dapat terelakkan lagi. Dalam hal ini teknologi sangat penting perannya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bagi negara yang sedikit memiliki informasi dan teknologi yang tidak berkembang, maka tidak menutup kemungkinan suatu negara tersebut akan menjadi hancur.

No comments: