Monday, December 8, 2008

Multimediality, Interactivity, dan Hipertextuality dalam website Seputar Indonesia

Tugas :
Tentukan website penyedia layanan informasi yang akan diteliti, berikan deskripsi tentang content menu dan layanan yang diberikan. Deskripsi didasarkan pada :
1. Multimediality
2. Interactifity
3. Hypertextuality
Teliti dan jelaskan apakah website tersebut melakukan konvergensi media?

Penyelesaian :
Kami menganalisis website penyedia layanan informasi : www.seputar-indonesia.com
Website ini memiliki content menu antara lain :
1. Home
2. Tentang Seputar Indonesia
3. Tim Redaksi
4. Pasang Iklan
5. Berlangganan
6. Hubungi Kami

Penjelasan :
1. Home merupakan halaman pertama dari website ini. Pengunjung website dapat memilih berita yang mereka inginkan. Terdapat kategori berita yang ditampilkan antara lain, headline, news, sport, lifestyle. Headline merupakan berita utama yang dianggap penting yang harus segera diinformasikan pada pengunjung website. Dalam news terdapat beberapa ketegori berita yang dapat disajikan dan dipilih diantaranya : People of The 2008, Berita Utama, Budaya, Cerpen dan Puisi, Ekonomi dan Bisnis, International, Iptek/Sains, Jabodetabek, Korporasi, Kolom tokoh, Nusantara, Nasional, Opini, Politik & Hukum, Periskop, Polling, Quotation, Resensi Buku dan SEPUTAR INDONESIA Peduli. Bola manca, bola nasional, ragam sport, dan otosport merupakan ketegori yang terdapat dalam sport. Kategori lain yang tersedia adalah lifestyle, antara lain : Automotive, Fashion, Family, Food, Gaul, Home & Garden, Kesehatan, Kolom, Pendidikan, Ragam, Selebriti, Techno, Travel dan Trend. Dalam halaman home tersebut terdapat pula cover koran Seputar Indonesia yang ditempatkan pada pojok kanan atas website tersebut. Berkaitan dengan sektor ekonomi, website ini juga menyediakan tabel valas yang berlaku pada hari itu.

2. Tentang Seputar Indonesia merupakan profil koran Seputar Indonesia. Dalam profil tersebut dijelaskan tentang berdirinya koran Seputar Indonesia, tujuan diterbitkannya, jadwal terbit dan informasi lain tentang bentuk fisik dari koran Seputar Indonesia. Selain itu terdapat pula segmentasi pembaca, dan motto koran Seputar Indonesia “Satu Koran Segala Berita”.

3. Halaman Tim Redaksi memuat siapa saja yang memiliki peran dalam pembuatan koran Seputar Indonesia. Tim redaksi ini meliputi pemimpin umum, wakil pemimpin umum, pemimpin perusahaan, pemimpin redaksi atau penanggungjawab, redaktur pelaksana, asisten redaktur, koordinator fotografer, fotografer, manajer artistik, wakil manajer artistik, supervisi artistik, direktur sales dan marketing, direktur umum, direktur produksi, direktur keuangan,GM sirkulasi dan distribusi, GM keuangan, dan berbagai biro di berbagai wilayah di Indonesia.di halaman ini juga tedapat alamat redaksi langganan iklan agar memudahkan para pembeli untuk memperoleh koran Seputar Indonesia.

4. Pasang Iklan merupakan layanan dimana seseorang atau suatu organisasi/ instansi dapat mempromosikan sekaligus memperkenalkan produk atau jasa yang ditampilkan pada halaman utama. Prosedur pemasangan iklan juga ditampilkan di halaman pasang iklan. Prosedur pemasangan iklan tersebut antara lain : profil produk, profil pembaca, tarif iklan, ketentuan iklan, jenis iklan, dan contact us.

5. Menu Berlangganan juga merupakan layanan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan koran Seputar Indonesia secara kontinyu. Dalam hal ini, pelanggan tidak perlu untuk mendatangi agen bila mereka ingin berlangganan. Calon pelanggan dapat mendaftar secara online dengan mengisi formulir berlangganan

6. Hubungi Kami merupakan layanan pengiriman pesan kepada redaksi dari para pengunjung website. pesan yang disampaikan bisa berupa kritik dan saran yang dapat membangun perkembangan koran Seputar Indonesia.


Layanan yang disediakan oleh website ini antara lain:
1. Pasang iklan
2. Berlangganan
3. Interaktif
4. Account email : Pengunjung dapat membuat account email gratis dan dapat mengirim serta menerima surat melalui website ini
5. Search engine : Pengunjung dapat mencari artikel yang dia inginkan dengan menggunakan layanan ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menuliskan kata kunci dari artikel yang akan cari, maka dengan mudah artikel itu akan ditemukan.
6. Komunitas Sindo : Layanan yang menjadi wadah atau ruang bagi para pengunjung website yang ingin bergabung di komunitas Sindo. Di dalamnya para anggotanya dapat saling bertukar informasi.
Jurnalisme online yang dikenal pada semua tingkatan menggunakan karakteristik utama lingkungan jaringan komputer tempat beroperasi: hypertextuality, multymediality dan interactivity. Ketiganya mempunyai tipe-tipe sendiri dalam status masing-masing.

A. Hypertextuality

Masalah dengan hypertex adalah bahwa hypertex menciptakan suatu sistem pengiriman untuk unit tertutup yang terpisah, sebuah sistem yang membolehkan hanya link yang erat menuju keluar. Apa yang harus disadari seseorang adalah bahwa teks saling berhubungan melalui link hyperlink dapat secara internal (dengan teks lain dalam satu domain) atau secara eksternal (dengan teks yang berada dimana saja di internet).
Hal tersebut adalah dua tipe hypertextuality yang sangat berbeda, ketika yang satu membuka isu baru, yang lain memutar isi. Jika sebuah situs hanya menyebutkan dokumen yang dapat ditemukan di situs tersebut, maka tidak ada jaringan di seluruh dunia, yang ada hanya dokumen dalam situs tersebut yang saling berhubungan.

B. Multymediality

Jika multimedia digunakan tanpa pemikiran yang mempertimbangkan alasan kenapa digunakan atau mempunyai tata letak atau isi yang tidak bagus, dapat menyebabkan kegagalan estetis yang tidak ada gunanya yang tidak perlu menghabiskan bandwith. Dengan menerima sesaat bahwa bandwith dan hak cipta masih merupakan dua faktor struktural yang mengganggu kemajuan dan pengembanga multimedia, seseorang dapat mengamati masalah perusahaan media harus menggabungkan ruang wartawan tradisional mereka dengan team editorial web.

C. Interactivity

Pilihan interaktif pada web site dapat dibagi menjadi tiga tipe atau bentuk: navigational interactivity (melalui tombol “Next Page” dan “Back to Top” atau scrolling menu bar), functional interctivity melalui direct mail to: links, Bulletin Board System (BBS) dan moderated discussion list.
Berdasarkan dari informasi diatas, www.seputar-indonesia.com kami golongkan pada mainstream news site karena telah memenuhi tiga karekteristik dari jurnalisme online. www.seputar-indonesia.com sendiri merupakan situs yang memfokuskan pada berita hardnews dan softnews. Oleh karena itu www.seputar-indonesia.com menyajikan berita-berita terbaru yang sedang terjadi baik di Indonesia maupun di dunia. Selain itu, situs ini juga menyediakan informasi lain seperti sport, entertainment, life style dan juga berita ekonomi.
Internal Hypertextuality disini diartikan bahwa www.seputar-indonesia.com memberikan sedikit hubungan kearah luar. Karena semua informasi yang dapat diakses oleh khalayak dalam bentuk teks saling berhubungan melalui link hyperlink dapat secara internal dengan teks lain dalam satu domain. Jadi teks yang dihyperlink tidak berhubungan dengan teks yang berada dimana saja dalam ranah internet. Misalnya, jika kita membuka situs www.www.seputar-indonesia.com, halaman yang kita lihat pertama kali adalah halaman utama dari situs ini yang merupakan home page. Di halaman utama kita akan melihat menu atau layanan yang diberikan oleh www.seputar-indonesia.com dan dibawah menu tersebut kita akan melihat ada tulisan yang berwarna merah dan bergaris bawah yang menjadi judul dari setiap berita. Jika kita klik teks tersebut maka kita akan menemukan halaman tersebut dan masih pada domain yang sama yaitu www.seputar-indonesia.com.
Navigational interactivity merupakan interaksi pada situs www.seputar-indonesia.com menggunakan scrolling menu bar. Di content menu Hubungi Kami memungkinkan pengunjung www.seputar-indonesia.com dapat berinteraksi dengan mengirimkan email kepada orang lain maupun kepada tim editorial web tersebut.

Sedangkan convergent multimediality pada www.seputar-indonesia.com dapat dilihat dari penggabungan antara jurnalis tradisional www.seputar-indonesia.com dengan tim editorial Web. Bagaimana agar tulisan dapat bergerak dan berjalan, bagaimana gambar bisa bergerak dan mengeluarkan suara-suara tertentu merupakan konsep dari multimediality agar berita yang disajikan pun dapat menarik pembacanya. Tulisan bergerak dapat dilihat antara lain pada tulisan Seputar Indonesia, Satu Koran Segala Berita, Dalam waktu cepat telah terbit Sindo edisi Nasional, Jabar, Jateng-DIY, Sumut, Sumsel dan Sulsel. Selain itu, ada pula gambar bergerak di sisi kanan situs tersebut yang menyediakan layanan dari perusahaan lain misalnya dari kartu Astraworld. Apabila kita mengklik pada “Klik disini” yang ada di kolom Astraworld maka kita akan terhubung dengan halaman lain yang milik Astraworld. Dengan adanya www.seputar-indonesia.com ini., kita dapat mengakses berita secara cepat, mudah dan menarik.

No comments: